Itjen Kenalkan Kanal Dumas Kepada DWP Kemenag

By Admin


nusakini.com--Jakarta-Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama setiap bulan menggelar pengajian untuk ibu-ibu. Selain tausiyah dari ustadz/ustadzah, DWP Kemenag mendatangkan pembicara dari Itjen pada pengajian kali ini. Tujuannya, untuk lebih mengenalkan Kanal Pengaduan Masyarakat (Dumas) kepada anggota DWP.  

“Dumas merupakan sumbangan pikiran, saran, gagasan, serta keluhan yang disampaikan oleh masyarakat kepada Kementerian Agama sebagai bentuk penerapan dari pengawasan masyarakat terhadap penyelenggaraan tata kelola pemerintahan di lingkungan Kementerian Agama,” kata Kasubbag Dumas Itjen Kemenag Muhibuddin memulai materinya di Rumah Dinas Widya Chandra, Jakarta, Rabu (12/09).

Dijelaskan Muhibuddin, bahwa kirteria Dumas yang layak ditintaklanjuti meliputi pengaduan terhadap kelemahan sistem tata kelola pelayanan publik dan/atau indikasi terjadinya pelanggaran, penyimpangan, penyelewengan, penyalahgunaan wewenang atau kesalahan yang dilakukan oleh aparatur pada satuan organisasi/satuan kerja di lingkungan Kementerian Agama. 

“Semua aduan masyarakat itu harus mencantumkan nama dan alamat pelapor dan identitas terlapor dengan jelas; dan memberikan data dan bukti yang diduga mendukung kebenaran Dumas,” kata Muhibuddin. 

Penasehat DWP Kemenag Trisna Willy Lukman Hakim saat memberikan sambutan (foto: Sandi) 

Selain itu, lanjut Muhibuddin, media yang dapat digunakan masyarakat bisa datang secara langsung kepada pengelola Dumas di Itjen Kementerian Agama. Jika tidak dapat datang secara langsung, bisa juga melalui media elektronik berupa Whatsapp, BBM, SMS, Telepon dan email. 

“Semoga Dumas ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk fasilitas memberikan pengaduan keluhan yang ada,” tutup Muhibuddin. 

Selain penasehat DWP Kemenag Trisna Willy Lukman Hakim, tampak hadir juga ibu-ibu DWP Pusat, Perwakilan DWP Kemenag DKI Jakarta, DWP Kemenag Banten dan DWP Jawa Barat.(p/ab)